Tutorial: Surat Pernyataan Bahwa Istri Tidak Mau Ikut Suami

Pendahuluan



Setiap orang tentu menginginkan keluarga yang bahagia dan harmonis. Namun, terkadang ada situasi di mana seseorang harus membuat keputusan yang sulit, termasuk dalam hubungan suami istri. Salah satu keputusan sulit yang mungkin harus diambil adalah ketika istri memutuskan untuk tidak mengikuti suaminya dalam suatu urusan. Dalam situasi ini, surat pernyataan bisa menjadi solusi terbaik. Artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat surat pernyataan bahwa istri tidak mau ikut suami.


Langkah-langkah Membuat Surat Pernyataan



1. Tentukan format surat pernyataan yang akan digunakan. Format yang umum digunakan adalah surat dengan kepala surat yang mencantumkan nama dan alamat pengirim, tanggal, lampiran, dan perihal.
2. Buat salam pembuka dengan menyebutkan nama atau jabatan penerima surat.
3. Tuliskan pernyataan bahwa istri tidak mau ikut suami. Jangan lupa sertakan tanggal dan tempat dimana istri membuat pernyataan tersebut.
4. Jelaskan alasan mengapa istri tidak mau ikut suami. Jangan lupa sertakan detail dan bukti yang relevan.
5. Tambahkan kalimat penutup yang sopan dan mengucapkan terima kasih.
6. Tanda tangan dan nama istri, serta nama saksi yang melihat proses pembuatan surat pernyataan tersebut.


Contoh Surat Pernyataan



Berikut adalah contoh surat pernyataan bahwa istri tidak mau ikut suami.
Kepada Yth,
Bapak/Ibu Kepala Kantor Imigrasi
di Kota XXX
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : XXX
Alamat : XXX
Pekerjaan : XXX
Dalam hal ini menyatakan bahwa saya tidak mau mengikuti suami saya, yaitu:
Nama : XXX
Alamat : XXX
Pekerjaan : XXX
Hal ini dikarenakan suami saya telah melakukan tindakan kekerasan dan tidak menghormati saya sebagai istri. Bukti atas tindakan tersebut telah saya sertakan pada lampiran.
Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dan tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
( Tanda tangan istri )
Nama : XXX
Tanggal : XXX
Tempat : XXX
Saksi,
( Tanda tangan saksi )
Nama : XXX


Kesimpulan



Membuat surat pernyataan bahwa istri tidak mau ikut suami bisa menjadi solusi terbaik dalam suatu situasi yang sulit. Langkah-langkah yang dijelaskan di atas dapat membantu Anda membuat surat pernyataan dengan benar dan tepat. Pastikan surat pernyataan yang Anda buat mencantumkan alasan yang jelas dan bukti yang relevan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

close